Rabu, 26 September 2012

Aku Yang Selalu Khawatir Kalau Suamiku Menikah Lagi

Yang penting suami ana nggak nikah lagi kata seorang ummahat tak tahu betapa khawatirnya para istri kalau suaminya menikah lagi dengan wanita yang lain bahkan sebagian dari mereka melakukan tindakan-tindakan yang buruk kepada suami mereka. mungkin dibawah ini ada sedikit tips atau saran bagi yang seorang istri yang selalu mengkhawatiri kalau-kalau suaminya menikah lagi.

Pertama: Kekhawatiran seorang istri kalau-kalau suaminya menikah lagi tidaklah menyelesaikan masalah, namun seorang istri seharusnya melakukan hal-hal yang bisa melanggengkan cinta, kasih sayang dan keakraban diantara mereka berdua.

Rasulullah shalallallahu ‘alahi wasallam, dimana Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

خير النساء التي تسره إذا نظر إليها و تطيعه اذا أمر ولا تخالفه في نفسها ولا مالها بما يكرها

“Sebaik-baik istri adalah yang menyenangkan suami apabila ia melihatnya, mentaati apabila suami menyuruhnya, dan tidak menyelisihi atas dirinya dan hartanya dengan apa yang tidak disukai suaminya.” (HR. An-Nasa’i, Hakim dan Ahmad. Berkata Al-Hakim “Shahih menurut syarat Muslim” dan disepakai Imam adz Dzahabi dan hasankan oleh Syaikh al-Albani didalam Silsilah Ash Shahihah dari sahabat Abu Hurairah)

Kedua: Menikah lebih dari satu (poligami) tidak berarti suami anda sedang melakukan keharaman atau sesuatu yang makruh, tetapi dia hanya melakukan sesuatu yang mubah (boleh) hukumnya.
Allah Ta’aala berfirman :

فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ

“ Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. “ (Qs. An Nisa’ : 3)

Ketiga: Tidak berarti seorang suami yang menikah lagi dia tidak mencintai istri pertamanya. Karena seseorang mempunyai alasan dan latar belakang kenapa ia menikah lagi

Keempat: Seorang suami yang menikah lagi (poligami) mempunyai latar belakang dan hukum yang berbeda-beda. Sebagian mereka menikah lagi (poligami) dengan tujuan sebagai solusi untuk rumah tangganya, sebagian lagi karena merasa tidak cukup dengan hanya satu orang istri, sebagian lagi agar lebih bisa menjaga kesucian diri dan dari tujuan – tujuan yang lainnya. Dan pada masing-masing orang berbeda-beda hukumnya, ada yang sampai wajib, sunnah atau sekedar mubah (boleh).

Kelima : Menikahnya seorang suami dengan wanita yang lain dengan syarat suami harus belaku adil sesama istrinya.
Allah Ta’aala berfirman :

فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً

“ Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja. “ (Qs. An Nisa’ : 3)
Keenam: Permasalahannya adalah bukan pada suami menikah lagi, namun permasalahannya jika suami tidak menunaikan hak-hak istrinya atau tidak berbuat adil padanya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ كَانَ لَهُ امْرَأَتَانِ فَمَالَ إِلَى إِحْدَاهُمَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَشِقُّهُ مَائِلٌ

“Barangsiapa yang memiliki dua orang istri, lalu ia condong kepada salah seorang dari keduanya, maka ia akan datang pada hari kiamat sedangkan bahunya dalam keadaan miring sebelah.” (HR. Abu Daud, Nasa’i, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwail Ghalil : 2017)
Ketujuh: Kalau seorang istri mencintai suaminya dan ia melihat suaminya mendapat kebaikkan dengan melakukan poligami, lalu kenapa dia merasa khawatir kalau orang yang dia cintai (suaminya) mendapatkan kebaikkan.
Kedelapan: Ridha terhadap syariat Allah Ta’aala adalah bentuk dari konsekuensi keimanannya. Dan ketahuilah apa yang Allah syariatkan mengandung maslahat yang sangat banyak.
Allah Ta’aalaa berfirman :

وَمَاكَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلامُؤْمِنَةٍ إِذَاقَضَى اللهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالًا مُبِينًا

“Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang nyata.” (Qs. Al-Ahdzab [33] : 36)

Jadi untuk apa selalu khawatir….

Oleh Abu Ibrahim Abdullah Al-Jakarty
http://bilahatirindupoligami.wordpress.com/2012/08/03/aku-selalu-khawatir-kalau-suamiku-menikah-lagi/

0 komentar:

Posting Komentar