Rabu, 26 September 2012

Ibu Melarang Saya Menikah Karena Rumah Saya Berhadapan Dengan Calon Suami… Nanti Celaka Katanya?!

Pertanyaan
saya wanita umur 27 pak ustad,
insya Allah hati saya sudah mantab pada seorang laki2,tp ibu saya tdk memperbolehkan menikah karena alasan adat.
rumah kami berhadpan pak,dan menurut ibu sy,itu akan mendatangkan petaka buat keluarga. saya bingung pak ustad,disatu sisi sy tdk ingin jadi anak durhaka,tapi disisi lain hati sy msh yakin pak ustad. sy sudah coba istiqarah dan mash tetap keyakinan saya
bagaimana pak ustad sy mhon arahannya?

Jawabannya.
Saudari yang semoga Allah memudahkan urusan saudari. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan untuk saudari.
  1. Agar saudari banyak berdoa kepada Allah Ta’aala, karena segala urusan berada ditangan Allah Ta’aala.
  2. Agar saudari bershabar.
  3. Keinginan saudari untuk menikah sangatlah baik, apalagi diusia seperti saudari.
  4. Alasan yang saudari katakan bahwa ibu saudari melarang saudari dengan larangan diatas, adalah sebuah perkara yang tidak benar, sebuah khurafat dan keyakinan syirik.
  5. Nasihatkan ibu saudari dengan cara yang lemah lembut dan baik akan tidak benarnya keyakianan diatas. Bahkan hal tersebut termasuk keyakinan syirik
  6. Bicarakan dari hati kehati tentang keinginan saudari untuk menikah, manfaat, keutamaannya dan keburukkan menunda menikah tanpa alasan syar’i. Serta jelaskan bahwa alasan ibu saudari tidaklah benar.
  7. Minta bantuan orang yang dianggap oleh ibu saudari untuk mengutarakan apa yang saudari inginkan.
  8. Kalau saudari telah berusaha semaksiamal mungkin untuk menjelaskan tidak benarnya apa yang di yakini oleh ibu saudari namun ibu tetap bersikukuh, tidak masalah untuk saudari melanjutkan keinginan saudari untuk menikah dengan laki-laki shalih pilihan saudari. Dan itu bukanlah termasuk kedurhakaan. Karena ketaatan kepada orang tua dalam perkara yang baik, bukan maksiat dan tidak bermudharat kepada anak.
  9. Saudari tetap harus berbakti kepada orang tua, terutama dengan mengajarkan agama dengan pemahaman yang benar kepada ibu saudari.
Wallahu a’lam bis shawwab, semoga bermanfaat. Maaf baru sempat menjawab pertanyaan saudari. (dijawab oleh Abu Ibrahim Abdullah)
http://nikahmudayuk.wordpress.com/2012/09/01/ibu-melarang-saya-menikah-karena-rumah-saya-berhadapan-dengan-calon-suami-nanti-celaka-katanya/

0 komentar:

Posting Komentar