Selasa, 11 Desember 2012

Cara Lepas dari Musik dan Nyanyian

Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu

Beberapa cara untuk lepas dari nyanyian dan musik, di antaranya :

1. Menjauhkan diri dari mendengar musik baik dari radio, televisi maupun yang selain keduanya, apalagi lagunya adalah lagu yang mengumbar nafsu, dan tidak berteman dengan musik.

2. Penangkal tebesar dari nyanyian dan musik adalah dzikrullah dan membaca Al-Qur’an terutama surat Al-Baqarah karena Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda :
“Sesungguhnya Syaithan itu lari dari rumah yang dibacakan padanya surat Al-Baqarah”. [Hadits Riwayat Muslim]. 

ALLAH Ta’ala berfirman :
“Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” [Al-Qur’an surat Yunus ayat :57]

3. Membaca Sirah Nabawi dan Asy-Syamail Muhammaddiyah (Ciri-ciri fisik dan kesempurnaan akhlak Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam-pent) serta kisah para shahabat.
===============
Dinukil untuk http://najiyah1400h.wordpress.com dari buku Bagaimana Mendidik Putra-Putri Kita dan Apa saja Kewajiban Orang Tua dan Anak, Karya : Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu. Penerjemah : Abu ‘Umar Al-Bankawy. Penerbit : Al-‘Ilmu, Jogjakarta. Cet. Ke-1, Shafar 1428 H/ Maret 2007 M. Hal. 98-99.

0 komentar:

Posting Komentar